Beranda | Artikel
Islam Rahmatan lil Alamin (Syaikh Ali Hasan Al-Halabi)
Rabu, 12 Agustus 2015

Bersama Pemateri :
Syaikh ‘Ali bin Hasan Al-Halabi

Ceramah agama Islam oleh: Syaikh ‘Ali Hasan Al-Halabi
Penerjemah: Ustadz Abdurrahman Hadi, Lc.

Rekaman video: Syaikh ‘Ali Hasan Al-Halabi – Islam Rahmatan lil ‘Alamin

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Islam Rahmatan lil ‘Alamin

Zaman ini adalah zaman yang banyak di dalamnya keherananan dan keajaiban / keanehan, sehingga kita perlu membahas salah satu dasar di antara dasar agama Islam, salah satu perkara yang asasi, yaitu tentang bahwasanya Islam datang sebagai rahmatan lil ‘alamin.

Pembahasan ini diangkat dikarenakan keadaan yang mendesak, sehingga para ahli ilmu (ulama) berkewajiban untuk menjelaskan masalah ini karena kaum Muslimin secara umum dan negara-negara Islam menghadapi salah satu fitnah, yaitu munculnya orang-orang yang mencemarkan nama baik Islam, maka sudah menjadi kewajiban bagi kami sebagai bagian daripada orang yang mengemban amanah ilmu untuk menyampaikan masalah ini demi membersihkan nama baik Islam.

Termasuk perkara yang kami ingat dan perlu kami sampaikan tentang pembahasan rahmat lil ‘alamin dari agama Islam adalah sifat yang Allah berikan kepada NabiNya shallallahu ‘alaihi wasallam, sebagaimana Allah berfirman:

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَالَمِينَ (الأنبياء: ١٠٧)

“Dan tiadalah Kami mengutus kamu (Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS Al-Anbiya’ [21]: 107)

Dan maksud dari “rahmatan lil ‘alamin” adalah mencakup semua alam, tidak hanya khusus manusia saja, akan tetapi mencakup semua makhluk; mencakup manusia, jin, hewan, dan seterusnya, karena Allah mengutus NabiNya shallallahu ‘alaihi wasallam adalah sebagai rahmat untuk alam semesta, untuk seluruh makhluk, dan ini adalah karunia Allah yang Allah berikan kepada seluruh makhluk di muka bumi ini.

Kalau kita mau melihat dan mencermati Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam niscaya kita sungguh akan mengetahui secara jelas bagaimana manhaj (metode / dakwah) Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Salah satu hadits yang menjelaskan tentang masalah rahmat adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:

الراحمون يرحمهم الرحمن ارحموا من في الأرض يرحمكم من في السماء

“Orang-orang yang memiliki kasih sayang akan dikasihsayangi oleh Allah yang Maha Rahman. Rahmatilah makhluk yang ada di muka bumi, niscaya Dzat yang ada di langit akan merahmati kalian.”

Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin, agama kasih sayang, agama yang mengajarkan akhlak mulia. Mari kita simak uraian ilmiah dalam ceramah seorang ulama karismatik, Syaikh Ali bin Hasan bin Ali bin Abdul Hamid Al-Halabi Al-Atsari yang penuh akan manfaat ini.

Download Ceramah Agama: Syaikh ‘Ali Hasan Al-Halabi – Islam Rahmatan lil ‘Alamin

Ayo share juga ke media sosial dan bagikan hasil download file ceramah yang Anda download ini ke saudara-saudara Muslimin lainnya.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/15573-islam-rahmatan-lil-alamin-syaikh-ali-hasan-al-halabi/